PENTINGNYA TES GOLONGAN DARAH.... Featured

Ditulis Oleh | Jumat, 04 Oktober 2019 02:35 | Dibaca : 36 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 04 Oktober 2019 10:12
Pemeriksaaan Golongan Darah Pemeriksaaan Golongan Darah

Dalam dunia medis, sistem penggolongan darah yang dikenal adalah sistem ABO (golongan darah A, B, AB, dan O), serta sistem penggolongan darah Anda juga ditentukan oleh gen yang Anda warisi dari orang tua.berdasarkan Rhesus (Rh positif dan Rh negatif). Umumnya, golongan darah Anda juga ditentukan oleh gen yang Anda warisi dari orang tua.

 

MANFAAT CEK GOLONGAN DARAH BAGI KESEHATAN

  • Transfusi darah
    Penyesuaian golongan darah menjadi salah satu syarat penting untuk mendonorkan darah atau menerima transfusi darah.
  • Mencegah komplikasi transfusi
    Tidak semua golongan darah bisa cocok satu sama lain, jadi penting untuk menerima donor atau mendonorkan darah sesuai dengan golongan darah Anda. Menerima darah yang tidak sesuai dengan golongan darah Anda bisa memicu penggumpalan darah dan komplikasi yang berakibat fatal bagi tubuh. Gejala dari ketidaksesuaian golongan darah pada proses transfusi darah yaitu demam, menggigil, mual, kulit dan mata tampak kuning, nyeri dada, perut, atau punggung, terdapat darah pada urin dan sesak napas. Tahapan komplikasi selanjutnya akibat transfusi yang tidak cocok dapat menyebabkan gagal ginjal, atau bahkan kematian.
  • Penting untuk ibu hamil
    Cek golongan darah juga penting bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Pada orang dewasa, proses cek golongan darah dilakukan dengan pengambilan sampel darah melalui tusukan di jari atau melalui jarum yang dimasukkan ke pembuluh darah di lengan. Sedangkan pada bayi, pemeriksaan golongan darah dilakukan dengan mengambil sampel darah dari telapak kaki bayi.

Untuk menentukan golongan darah Anda, teknisi laboratorium akan mencampur sampel darah Anda dengan antibodi yang menyerang darah tipe A dan B untuk melihat reaksinya. Jika sel darah Anda menggumpal bila dicampur dengan antibodi terhadap darah tipe A, maka Anda memiliki golongan darah B. Sampel darah kemudian akan dicampur dengan serum anti-Rh. Jika sel darah Anda menggumpal sebagai reaksi terhadap serum anti-Rh, itu berarti Anda memiliki darah Rh-positif, begitu pula sebaliknya. Hasil pemeriksaan ini bisa Anda dapatkan dengan waktu hanya beberapa menit saja.

Tidak ada persiapan khusus yang harus Anda lakukan untuk melakukan cek golongan darah. Risiko tindakan, seperti perdarahan pasca pengambilan darah, jarang sekali terjadi, kecuali jika Anda memiliki riwayat gangguan pembekuan darah

 

Sumber : Alodokter.com

 


Oktalina V Purba

Staff Puskesmas Penfui_Pranata Lab.Kes

puskpnf.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.