PELAYANAN POSYANDU KEMBALI DI BUKA DI WILAYAH KERJA UPTD.PUSKESMAS PENFUI Featured

Ditulis Oleh | Selasa, 14 Juli 2020 09:02 | Dibaca : 84 Kali | Terakhir Diperbaharui : Selasa, 14 Juli 2020 12:39
PELAYANAN POSYANDU KEMBALI DI BUKA DI WILAYAH KERJA UPTD.PUSKESMAS PENFUI

(Kupang, 14/07/2020) – Selama masa pandemi Covid-19, layanan posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) harus tetap berjalan. Dalam pelaksanaannya di lapangan, pelaksanaan Posyandu ini harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Posyandu harus tetap berjalan dengan mengikuti protokol yang berlaku, seperti jaga jarak dan menggunakan APD bagi tenaga kesehatan, serta bagi masyarakat harus tetap menggunakan masker.

Dalam rangka mengantisipasi dan memerangi penyebaran Covid-19, petugas UPTD Puskesmas Penfui selalu menggunakan APD ( Alat Pelindung Diri ) pada saat memberi pelayanan kepada para pasien. Walaupun ditengah pandemi semua petugas tetap semangat memberi pelayanan yang tearbaik kepada masyarakat, agar masyarakat tetap sehat.

Kegiatan Posyandu yang dilaksanakan hari ini di wilayah kerja UPTD.Puskesmas Penfui yaitu Posyandu Buanin di rt.01 rw.01 kelurahan Naimata Kota Kupang berlangsung dengan lancar, para petugas kesehatan puskesmas Penfui dan petugas dari Pustu Naimata yang terlibat antara lain, Ibu Ana Refiali ( Nutrisionist), Ibu Novita Megoth ( Bidan ), dan ibu Theresia Fahik ( Penyuluh Kesehatan ), petugas kelurahan, para kader, serta petugas lintas sektor terkait. Kegiatan Posyandu meliputi, : Pendaftaran, Penimbangan, Pengisian KMS, Penyuluhan, dan Pelayanan kesehatan Imunisasi.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dan perhatian dari pihak kelurahan yang juga menyediakan thermogun. Saat dipendaftaran ada petugas yang melakukan screening, apabila hasil deteksi thermogun suhu diatas 38°, dan batuk pilek tidak diperbolehkan masuk. Semua orang tua balita yang datang membawa sarung sendiri untuk  timbang badan agar saat timbang badan tidak menggunakan sarung timbang bersama-sama. Kegiatan Posyandu diberi jadwal yaitu di mulai dari jam 8 s/d jam 9 yakni 1 rt, jam 9 s/d jam 10 yakni 1rt, begitu seterusnya, agar di posyandu tidak terlalu menumpuk.

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat.

 

 

 


Oktalina V Purba

Staff Puskesmas Penfui_Pranata Lab.Kes

puskpnf.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.