KEGIATAN POSBINDU PUSKESMAS PENFUI Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 10 September 2020 08:09 | Dibaca : 44 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 10 September 2020 08:57
KEGIATAN POSBINDU PUSKESMAS PENFUI

Petugas Puskesmas Penfui  melaksanakan POSBINDU terhadap masyarakat di kelurahan Penfui,  dipimpin dr. Santy Manek, bersama tenaga kesehatan yaitu Oktalina, Dewi Sarkim dan Degas. Pelaksanaan Posbindu  disambut baik oleh masyarakat, bapak Lurah Penfui, dan lintas sektor terkait, yakni Babinsa kelurahan Penfui, Bhabinkamtibmas kelurahan Penfui, serta petugas dari Dinas Kesehatan Kota Kupang juga hadir yakni ibu Yuniarti R Mansi.

Posbindu atau kepanjangan dari Pos Pembinaan Terpadu merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Kelompok PTM Utama adalah diabetes melitus (DM), kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJPD), penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan. Kegiatan Posbindu dilaksanakan tiga bulan sekali untuk mendeteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular.

 Pada kegiatan Posbindu ini, petugas Puskesmas Penfui melakukan wawancara untuk menggali informasi faktor risiko keturunan dan perilaku, menimbang berat badan, mengukur Tinggi Badan, mengukur lingkar perut, IMT, Pemeriksaan Tekanan Darah, Pemeriksaaan gula darah sewaktu, pemeriksaan kolesterol, pemeriksan mata, dan konseling, serta dokter mengarahkan ke puskesmas untuk pemeriksaan lanjut pada pasien apabila hasil pemeriksaan Tekanan darah atau pemeriksaan darah yang tinggi.  

 Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Tujuan, Sasaran & Manfaat Penyelenggaraan Kegiatan Posbindu PTM 

  1. Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Sasaran utama kegiatan adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.
  2. Sasaran : Kelompok Masyarakat Sehat, Berisiko dan Penyandang PTM atau sasaran dengan range usia 15 tahun keatas. Pada orang sehat dimaksudkan agar faktor risiko tetap terjaga dalam kondisi normal. Pada orang dengan faktor risiko adalah mengembalikan kondisi berisiko ke kondisi normal. Pada orang dengan penyandang PTM adalah mengendalikan faktor risiko pada kondisi normal untuk mencegah timbulnya komplikasi PTM.
  3. Manfaat : Membudayakan Gaya Hidup Sehat dengan berperilaku CERDIK, yaitu Cek kondisi kesehatan anda secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet yang sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, Kelola stress.

Nanti setelah 3 bulan, kami akan datang lagi ke kelurahan Penfui untuk melakukan kegiatan posbindu, diharapkan kepada selurh masyarakat untuk rutin melakukan pemriksaan kesehatan, agar senantiasa sehat. ” ujar dr. Santy Manek.

 

 

 

 


Oktalina V Purba

Staff Puskesmas Penfui_Pranata Lab.Kes

puskpnf.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.