Petugas Puskesmas Penfui Melaksanakan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Di TK Canossa Maulafa Featured

Ditulis Oleh | Selasa, 01 Oktober 2019 01:16 | Dibaca : 76 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 03 Oktober 2019 07:32
Foto Kegiatan DDTKA di TK Canosso Maulafa Foto Kegiatan DDTKA di TK Canosso Maulafa

Petugas kesehatan dari Puskesmas Penfui melaksanakan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTKA) terhadap para murid di Taman Kanak-Kanak (TK) Canossa Maulafa, Sabtu (28/9/2019). Sebanyak 32 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 18 anak perempuan di TK Canossa Maulafa mendapat pemeriksaan kesehatan dari petugas puskesmas.

Deteksi  dini  tumbuh  kembang  anak (DDTKA)  adalah  pemeriksaan  untuk menemukan  secara  dini  adanya  penyimpangan  tumbuh  kembang  pada  balita  dan  anak  pra sekolah. Dengan ditemukan secara dini  penyimpangan atau masalah tumbuh kembang anak, maka  intervensi  akan  lebih  mudah  dilakukan.

Petugas Puskesmas Penfui yang melaksanakan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTKA) terhadap para murid Taman Kanak-Kanak (TK) Canossa Maulafa dipimpin dr. Santy Manek, bersama perawat Maria Luangkali dan bidan Yusnifa Husna. Pelaksanaan DDTKA disambut baik Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Canossa Maulafa, Suster Anselina M Mones, FdCC, S.Pd.

Pada kegiatan DDTKA ini, petugas Puskesmas Penfui menimbang berat badan setiap anak, mengukur tinggi badan, lingkar kepala, melakukan pemeriksaan telinga, pemeriksaan mata dan hidung setiap anak. Untuk anak yang diduga ada kelainan seperti terlalu aktif atau terlalu pendiam, akan dilakukan pemantauan melalui pelaksanaan program DDTKA tersebut.

Menurut dr. Santy Manek, Taman Kanak-Kanak (TK) Canossa Maulafa merupakan taman kanak-kanak pertama dalam wilayah kerja Puskesmas Penfui yang mendapat pelayanan DDTKA. Selanjutnya, petugas Puskesmas Penfui akan menjadwalkan pelayanan pemeriksaan DDTKA untuk semua taman kanak-kanak (TK) di wilayah kerja Puskesmas Penfui yang mencakup wilayah Kelurahan Penfui, Kelurahan Naimata dan Kelurahan Maulafa.

“Nanti setelah 3 bulan, kami akan datang lagi ke Taman Kanak-Kanak (TK) Canossa Maulafa untuk melakukan pemeriksaan dan melihat perkembangan anak setelah kami berikan terapi DDTKA. Kami berharap, tumbuh kembang anak di Taman Kanak-Kanak (TK) Canossa Maulafa dan di TK lainnya nanti bisa lebih baik setelah mendapat terapi DDTKA,” kata dr. Santy Manek.

 


Oktalina V Purba

Staff Puskesmas Penfui_Pranata Lab.Kes

puskpnf.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.